Senin, 04 Agustus 2014

Singkawang, Kota Seribu Kuil

Suasana Festival Singkawang
Siapa bilang kita nggak punya lokasi unik yang punya banyak kuil? Indonesia itu kaya broh! Mau apa aja, ada!

Buktinya nih, ada kota yang dikenal sebagai kota seribu kuil. Kota itu adalah kota singkawang. Terletak di sebelah barat pulau kalimantan, kota ini bisa dibilang cukup dekat dengan perbatasan Indonesia-Malaysia.
Kenapa bisa ada banyak kuil di Singkawang? Yak, konon, tempat ini adalah lokasi transit para pedagang negeri Cina yang mau masuk ke nusantara. Nah, karena banyak orang Cina, jadinya di sini berdiri banyak kuil untuk beribadah, yang sampai sekarang masih ada.

Nah, yang seru adalah di Kota ini punya satu festival namanya festival singkawang. Di festival ini, selain banyak budaya asli Singkawang yang ditampilkan, banyak juga kuliner-kuliner asli Singkawang, serta bermacam bentuk pameran kerajinan.

Yang seru sih Gawai Doyak Naik Dango. Itu nama untuk upacara syukuran hasil panen nya orang Singkawang gitu deh. Yang paling supernya lagi, gue diundang untuk pergi ke sana nih sama sodara gue, kebetulan dia orang kementrian pariwisata, yang jadi panitianya itu acara. Senang banget rasanya deh. Gue sampe langsung browsing promo tiket air asia.  Sambil ngecek harga tiket pesawat Garuda Indonesia juga sih.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya lumayan juga lah, dapet tiket lion air murah. Langsung deh gue berangkat ke sana. Ah, senangnya!